Al-MUNZIR
Vol 13, No 1 (2020): Edisi Mei 2020

PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR

Mahmud Borahimah (Universitas Cokroaminoto Makassar)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Strategi Komunikasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. penelitian ini ditulis oleh Mahmud Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Cokroaminoto Makassar.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Strategi Komunikasi Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif dengan pendekatan tematik dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, Focus Group Disscussion (FGD), dan wawancara mendalam.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pembelajaran kontekstual di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar sudah berjalan dengan baik dimana guru telah menerapkan komponen-komponen pembelajaran kontekstual yang terdiri dari kontruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menyelidiki (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment) dalam proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-munzir

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Al- Munzir (p-ISSN: 1979-4894; e-ISSN: 2620-326X) is a journal that publishes scientific papers, articles in the form of thought study and research results. Al-Munzir received articles from academics, researchers, journalists and national and international students in the fields of ...