Penelitian ini berjudul Penerapan Strategi Komunikasi Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. penelitian ini ditulis oleh Mahmud Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Cokroaminoto Makassar.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Strategi Komunikasi Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif dengan pendekatan tematik dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, Focus Group Disscussion (FGD), dan wawancara mendalam.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi pembelajaran kontekstual di SD Islam Terpadu Wahdah Islamiyah 01 Makassar sudah berjalan dengan baik dimana guru telah menerapkan komponen-komponen pembelajaran kontekstual yang terdiri dari kontruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menyelidiki (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment) dalam proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2020