Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Herbal Sari Dinda

Anna Sonia (Sekolah Tinggi Tarakanita)
Yakin Bakhtiar Siregar (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita)



Article Info

Publish Date
29 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penjualan produk Herbal Sari Dinda pada tahun 2013-2016 yang tidak stabil. Hasil penjualan tersebut terkait dengan strategi komunikasi pemasaran, dalam hal ini bauran promosi yang diterapkan oleh perusahaan. Bauran promosi yang dimaksud adalah advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian Herbal Sari Dinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 120 responden. Analisis Data menggunakan aplikasi SPSS versi 22 untuk menguji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil uji serempak menunjukkan bahwa advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian Herbal Sari Dinda. Hasil ujian parsial menunjukkan variabel iklan dan hubungan masyarakat tidak berpengaruh atau berkorelasi dengan keputusan pembelian. Hasil uji determinasi bahwa bauran promosi memberikan kontribusi sebesar 79,7% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi ...