Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tugas berbasis open-ended. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tugas berbasis open-ended. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Ciruas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes esai berbasis open-ended. Aspek-aspek pada kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Siswa yang akan dianalisis proses berpikir kreatif matematisnya dikategorikan menjadi siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 18% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, 76% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan 6% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah.
Copyrights © 2020