JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 3, No 3 (2020): JPMI

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI TUGAS OPEN-ENDED

Syela Rizki Amelia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tugas berbasis open-ended. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tugas berbasis open-ended. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Ciruas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes esai berbasis open-ended. Aspek-aspek pada kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Siswa yang akan dianalisis proses berpikir kreatif matematisnya dikategorikan menjadi siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 18% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, 76% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan 6% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...