Matematika merupakan ilmu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, terutama pada kemajuan IPTEK, oleh karena itu matematika diajarkan di semua jenjang pendidikan, walaupun begitu siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika, khususnya pada materi lingkaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kesulitan mengerjakan soal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMPN di Kota Cimahi yang berjumlah 22 orang, kemudian diambil sampel sebanyak 3 orang yang hasil jawabannya mewakili siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah untuk dianalisis secara lanjut . Instrumen yang diberikan berupa 5 butir soal materi lingkaran untuk menganalisis kesulitan-kesulitan siswa, sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kesulitan mengerjakan soal dengan melalui observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian menujukkan hasil tes rata-rata bernilai 60.18 berada dalam kategori kurang (rendah) itu artinya, siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal lingkaran.
Copyrights © 2020