Adanya kemajuan Teknologi Informasi (TI) yang mampu menghasilkan transformasi aktivitas kehidupan manusia dalam berbagai bidang, salah satunya bidang e-commerce dan banyak startup- startup yang muncul dalam bidang penjualan online. Hal ini mendorong salah satu perusahaan retail PT Matahari Department Store Tbk untuk memperluas bisnisnya menggunakan platform e-commerce untuk menjual produk eklusifnya dengan konsep Omni-Channel. Perusahaan melakukan kerjasama dengan pembelian saham di PT Global Ecommerce yang merupakan induk dari perusahaan MatahariMall pada tahun 2015, tahun 2016 perusahan meluncurkan platform digitalnya yaitu MatahariStore.com dan tahun 2018 perusahaan melakukan rebrending situs menjadi Matahari.com yang merupakan gabungan dari MatahariMall dengan MatahariStore.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan profitabilitas yang ditimbulkan dari penerapan teknologi informasi dalam bidang e-commerce. Metode yang digunakan adalah rasio profitabilitas yaitu NPM, ROA, ROE, ROS, dan ROCE. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan dari tahun 2011 sampai tahun 2019. Tahun 2015 ditetapkan sebagai periode pisah batas karena periode tersebut perusahaan memulai menerapkan teknologi informasi dalam bidang e-commerce. Hasil penelitian dengan NPM dan ROA terjadi peningkatan setelah menerapkan Teknologi Informasi dalam bidang e-commerce, sedangkan ROE, ROS, dan ROCE terjadi penurunan setelah menerapkan Teknologi Informasi dalam bidang e-commerce.Kata Kunci: E-commerce, Analisis Perbandingan, Rasio Profitabilitas
Copyrights © 2020