Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL QALASADI

HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN JEDA STRATEGIS DENGAN TEKA-TEKI DI KELAS X IPK MAN PAYAKUMBUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Utami, Bella Putri (Unknown)
Aniswita, Aniswita (Unknown)
Medik, Gema Hista (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini  di latarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas X IPK MAN 1 Payakumbuh berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu matematika merupakan pembelajaran yang membosankan  bagi siswa, kurang konsentrasinya siswa selama proses pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah pembelajaran menggunakan jeda strategis dengan teka-teki didalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan jeda strategis dengan teka-teki lebih baik dari  pada tanpa jeda strategis di kelas X IPK MAN 1 Payakumbuh. penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Only Design. Data penelitian ini diperoleh dari tes akhir . Hasil thitung  =3,58 dan ttabel = 1,68, karena thitung > ttabel bearti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0, 05, serta dengan menggunakan software minitab diperoleh Pvalue = 0,000 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan jeda strategis dengan teka-teki lebih baik dari pembelajaran tanpa jeda strategis dengan teka-teki di kelas X IPK MAN 1 Payakumbuh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...