FKIP e-PROCEEDING
2020: SEMINAR NASIONAL #5: BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS 204

HIPERREALITAS BAHASA DALAM WACANA IKLAN DI MEDIA

Akhmad Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Abstrak: Fenomena bahasa tidaklah cukup dapat dipahami sebagai realitas struktural semata. Bahasa merupakan satu fenomena yang terhubung dengan realitas di luar dirinya, yang sering disebut sebagai realitas kedua. Dalam tulisan ini deskripsikan fenomena hiperrealitas bahasa dalam wacana iklan di media berbahasa Indonesia, khususnya wacana iklan komersial dan iklan politik di media. Dengan metode analisis wacana kritis, studi hiperrealitas bahasa dalam konteks demikian dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena bahasa pada realitasnya yang kedua. Sebagai realitas yang kedua, bahasa dikonstruksi dan dimainkan sedemikian rupa demi kepentingan tertentu melalui efek citraan yang diciptakannya. Pihak pemakai bahasa dalam konteks tersebut bermaksud mendapatkan keuntungan, baik keuntungan ekonomi maupun politik dari efek citraan yang ditimbulkan oleh konstruksi bahasa tersebut. Kata kunci : Hiperrealitas bahasa, permainan bahasa, wacana iklan media

Copyrights © 2020