Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara
Vol 1, No 2 (2019): JURNAL ILMIAH MANAJEMEN UBHARA

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA)

Ami Lestari (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Dhian Tyas Untari (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas kesenjangan antara presepsi dan harapan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi akademik yang diberikan Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UBJ eknikn 2015. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan eknik Purposive Sampling dengan jumlah responden 139 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.  Analisis yang digunakan adalah Gap Analysis dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa dilihat dari  analisis tingkat kesesuaian dan analisis kesenjangan berdasarkan dari lima dimensi SERVQUAL, kualitas pelayanan administrasi akademik pada Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara memiliki 1 dimensi yang harapannya lebih besar dibandingkan kinerja yang diberikan yaitu dimensi Daya Tanggap (Responsibility). Berdasarkan pemetaan atribut diagram kertasius terdapat  satu atribut yang dianggap penting oleh mahasiswa dan perlu tindakan prioritas yaitu atribut ketanggapan karyawan dalam membantu mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

manajemen-ubhara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian baik secara teori dan empiris dari bidang ilmu manajemen yang mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara (JMU) ini menyajikan artikel-artikel ilmiah yang mengedepankan ...