Persaingan yang semakin ketat menyebabkan perguruan tinggi swasta harus memiliki strategi marketing untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Dalam Penelitian yang berjudul â??Strategi Marketing STMIK STIKOM Bali dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru, menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumenter, subjek penelitiannya adalah informan dari Kepala Bagian pemasaran dan Adminintrasi Marketing sebanyak 2 (dua) orang. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh marketing STMIK STIKOM Bali dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru adalah: (1) Menambah frekuensi promosi ke sekolah â?? sekolah. (2) Menambah jumlah & variasi media yang digunakan untuk promosi. (3) Menambah serta mensponsori event promosi. (4) Menambah kontrak kerjasama. (5) Memperbaharui metode promosi. (6) Mencari informasi pendidikan. (7) Melakukan penyebaran brosur. Kendala yang di hadapi yaitu, (1) Kurangnya tenaga marketing, (2) Jadwal sosialisasi, (3) Pemasangan Pamflet & banner, (4) Konfirmasi kehadiran guru â?? guru saat workshop, (5) Kondisi perekonomian
Copyrights © 2017