Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 1 (2013): Serie D

USING DIGITAL STORYTELLING TO TEACH SPEAKING AT SENIOR HIGH SCHOOL

Rahmatika Putri (FBS UNP)
Havid Ardi (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

AbstrakArtikel ini menjelaskan tentang bagaimana menggunakan teknik digital storytelling dalam pengajaran speaking atau berbicara pada siswa sekolah menengah atas. Melalui metode ini siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara dan rasa percaya diri mereka. Langkah-langkah dalam pengajaran kemampuan berbicara dengan menggunakan digital storytelling; pertama guru menyediakan sebuah teks narasi yang berunsurkan dongeng misalnya sebuah cerita “Jonah” untuk membangkitkan pemahaman dasar materi yang dipelajari. Setelah itu, guru menampilkan sebuah video, siswa diminta untuk mendiskusikan dan mengembangkan pemahamanya tentang isi dari video tersebut. Siswa diminta untuk menceritakan kembali video tersebut dan guru menjelaskan kepada siswa struktur bahasa yang ada dalam teks tersebut, lalu memberikan penjelasan tentang digital storytelling dengan contoh sebuah teks narasi yang telah diberikan sebelumnya. Kemudian, guru meminta siswa membuat sebuah cerita dalam bentuk digital storytelling dengan membagi siswa kedalam kelompok, memilih topik yang akan di diskusikan, membuat kerangka cerita berdasarkan topik yang dipilih. Guru membimbing siswa dan juga mengingatkan siswa tentang 7 elemen dari digital storytelling. Setelah siswa selesai menulis dan merekam cerita, siswa langsung menampilkan video digital storytelling.Keyword: Digital storytelling, narrative text, speaking.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...