Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie D

TEACHING READING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY COMBINING PARTNER PREDICTION WITH HIGHLIGHTING STRATEGIES TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Nissa Flaweri (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Abstrak Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk membantu mengatasi beberapa dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam mengajar pemahaman membaca  (reading) pada mata pelajaran bahasa inggris di sekolah menengah atas (SMA),  khususnya dalam membaca teks hortatori. Makalah ini membahas tentang penggabungan strategi partner  prediction dan strategi highlighting dalam mengajar reading yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca dan mempermudah siswa dalam memahami isi bacaan.  Penggunaan kedua strategi ini dibagi dalam beberapa langkah. Langkah pertama dalam strategi partner prediction, siswa diminta untuk membuat prediksi-prediksi secara berpasangan berkaitan dengan teks yang akan diberikan,  siswa membuat prediksi-prediksi tentang hal apa yang akan muncul di dalam teks. Strategi ini dilakukan pada fase experimenting di kegiatan inti belajar mengajar. Selanjutnya pada strategi highlighting, guru menyuruh siswa secara individu menandai ide-ide penting dalam teks dengan menggunakan stabilo atau pensil warna. Strategi highlighting ini dilakukan pada fase associating di kegiatan inti belajar mengajar. Kata Kunci: Reading, Teaching Reading, Hortatory Exposition Text, Partner Prediction, Highlighting

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...