Journal of English Language Teaching
Vol 1, No 2 (2013): Serie G

USING ABC-BRAINSTORM STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Lina Lesmana (FBS UNP)
Fitrawati Fitrawati (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk memaparkan strategi yang dapat digunakan dalam pengajaran membaca dalam Bahasa Inggris. Namun dapat dilihat pada saat ini, kebanyakan dari siswa tidak tertarik untuk membaca, apalagi yang berkaitan dengan bacaan yang berbahasa Inggris. Dalam hal ini, penulis khususkan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk dapat menarik kembali minat siswa dalam membaca, serta agar mereka dapat memahami bacaan dengan mudah, dapat dilakukan dengan menggunakan tekhnik ABC-Brainstorm yaitu sebuah strategi yang digunakan untuk menstimulasi pengetahuan dasar siswa tentang topik yang akan dibahas dan dipelajari di dalam teks. Setelah guru memperkenalkan topik yang diberikan kepada siswa, siswa membuat daftar alfabet pada selembar kertas lalu membuat daftar kosakata yang kira-kira berhubungan dengan topik yang diberikan guru. Setelah selesai membuat daftar kosakata secara individu/kelompok untuk membahas hal yang tidak dapat mereka kerjakan secara individu. Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemikiran mereka sebelum membaca sehingga siswa dapat memahami isi bacaan secara umum sebelum membacanya secara keseluruhan.   Key Words:    Reading, ABC-Brainstorm, junior high school students

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...