Journal of English Language Teaching
Vol 1, No 2 (2013): Serie G

STUDENTS’ WRITING DESCRIPTIVE TEXT ABILITY IN RELATION TO THEIR PERSONALITY TYPES Study Case: Second Grade Students of MAN/MAKN Koto Baru Padang Panjang

Indah Etika (FBS UNP)
Mukhaiyar Mukhaiyar (FBS UNP)
Saunir Saun (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan melihat kemampuan menulis teks deskriptif siswa ditinjau dari tipe personalitinya menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI Keagamaan Putra dan 33 siswa kelas XI Keagamaan Putri MAN/MAKN Koto Baru Padang Panjang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui tipe personaliti (melankolis, plegmatis, sanguin, dan koleris) siswa dan tes kemampuan menulis deskriptifnya. Dari kuesioner diberikan, mayoritas siswa bertipe melankolis, 30 orang. Sedangkan plegmatis menjadi minoritas hanya 6 orang. Sementara dari tes kemampuan menulis teks deskriptif, skor rata-rata tertinggi, 77,30, diperoleh dari siswa kelompok melankolis. Kemudian, skor rata-rata terendah diperoleh dari kelompok koleris, 60,55.   Key Words: Personality types, melancholic, phlegmatic, sanguine and choleric

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...