Journal of English Language Teaching
Vol 6, No 1 (2017): Serie A

THE USE OF CORNELL NOTE TAKING TECHNIQUE TO IMPROVE LISTENING COMPREHENSION OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yayang Anjarsit (UNIVERSITAS NEGERI PADANG)
Aryuliva Adnan (English Department FBS Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Dalam pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia, kemampuan menyimak (Listening) merupakan kemampuan berbahasa yang penting akan tetapi, di sekolah kegiatan menyimak sering kali diabaikan oleh sebagian besar guru Bahasa Inggris.. Permasalahan yang biasanya dialami oleh siswa adalah mereka kesulitan dalam menyeleksi informasi saat menyimak dikarenakan kecepatan dari materi rekaman yang diperdengarkan serta mereka juga tidak bisa menanyakan secara langsung informasi yang siswa kurang mengerti saat menyimak atau listening.. Salah satu teknik yang biasa dipilih dalam membantu siswa saat listening adalah dengan menggunakan Cornell Note Taking Technique. Teknik Cornell Note taking mempunyai sistem yang terorganisir sehingga membantu siswa dalam membuat catatan yang effektif. Catatan yang terorganisir dan effektif akan menolong siswa dalam memahami informasi saat menyimak. Selain itu dalam penggunaan teknik ini, siswa juga diajarkan untuk bekerja aktif dan berfikir kritis. Cornell note taking juga terkenal sebagai teknik dalam mencatat yang dapat membantu siswa dalam memahami materi saat listening dengan lebih mudah.Key Words : Listening, Comprehension, Cornell Note taking

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...