Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 1 (2013): Serie A

TEACHING READING BY USING METACOGNITIVE STRATEGY: IN MY HEAD AT SENIOR HIGH SCHOOL

Dian Trinoviyani (FBS UNP)
Yuli Tiarina (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

AbstrakPengajaran membaca di sekolah menengah atas memiliki beberapa permasalahan. Diantara masalah tersebut ialah strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar belum menunjang tujuan pembelajaran secara utuh. Hal ini berdampak padapemahaman siswa terhadap isi bacaan yang masihjauh dari apa yang diharapkan oleh guru. Untuk pemecahan masalah tersebut dibutuhkan strategi yang tepat dan yang dapat membantu serta mempermudah siswa dalam membaca serta memahami sebuah teks bahasa inggris. StrategiIn My Head dianggap cocok untuk diaplikasikan pada pengajaran membaca karena strategiini dapat membantu siswa dalam menyusun ide – ide yang mereka tangkap dari isi bacaan, yang mana ide-ide tersebut nantinya akan dituangkan siswa ke dalam sebuah handout secara individual. Setelah itu guru akan menanyakan pemahaman masing-masing siswa dan pada akhirnya guru akan merangkum pemahaman siswa secara umum mengenai keseluruhan isi teks sehingga terciptalah sebuah pemahaman yang sempurna.Kata Kunci: In My Head strategy, handout, pengajaran membaca.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...