Journal of English Language Teaching
Vol 6, No 1 (2017): Serie E

THE QUALITY OF GENERIC STRUCTURE OF DISCUSSION TEXT WRITTEN BY THE XII GRADE STUDENTS OF SMAN 1 LUBUK ALUNG

Ana Safara (Universitas Negeri Padang)
Yenni Rozimela (Universitas Negeri Padang)
Fitrawati Fitrawat (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat kualitas generic structure dari teks discussion yang ditulis oleh siswa yang terdiri dari statement of issue, arguments for, arguments against, and recommendation.. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rubrik skoring yang di adopsi dari Brown (2010) untuk menganalisis kualitas dari generic structure siswa dalam menulis teks discussion. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMAN 1 Lubuk Alung. Sampel dari penelitian ini berjumlah 30 siswa dari kelas XII IPA 3 yang didapat melalui teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes menulis teks discussion. Peneliti menyediakan tiga topik berbeda sebagai pilihan oleh siswa dalam menulis teks discussion dengan waktu yang disediakan adalah 90 menit. Hasil dari tulisan siswa tersebut digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang diperoleh, kualitas teks yang ditulis siswa ditinjau dari segi generic structure berada dalam kategori fair. Hasil analisis menunjukkan bahwa 30% dari tulisan siswa memenuhi kriteria dalam penulisan statement of issue dari teks discussion. Sedangkan untuk penulisan argumen pro dan kontra yang dikategorikan bagus dan memenuhi kriteria adalah mencapai 67% dari ‘arguments for’ dan 53% dari ‘arguments against’ yang ditulis oleh siswa. Selanjutnya, dari hasil analisis menunjukkan bahwa 59% dari recommendation yang ditulis oleh siswa memenuhi kriteria.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...