Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 1 (2013): Serie B

TEACHING ENGLISH IDIOMS IN HELPING SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS TO UNDERSTAND A FUNCTIONAL TEXT

Hasnah Ramadhani (FBS UNP)
Amri Isyam (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

AbstrakArtikel ini bertujuan untuk memaparkan salah satu materi pengajaran reading di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan iklan. Artikel ini lebih spesifik membahas mengenai idiom yang terdapat dalam functional text khususnya iklan. Idiom merupakan satuan bahasa atau ekspresi (bisa berupa kata, frase, maupun kalimat) yang maknanya tidak dapat ditebak dari makna leksikal kata-kata yang membentuknya. Jika idiom diartikan secara terpisah bisa membelokkan makna dari bacaan yang sebenarnya.Terkadang dengan kemunculan idiom ini dapat menyebabkan siswa menjadi bingung dalam memahami isi bacaannya. Hal ini disebabkan juga karena idiom jarang sekali digunakan secara lebih specifik pada saat pengajaran bahasa Inggris. Karena itu,penulis tertarik untuk membahas topik ini karena idiom penting untuk dipelajari. Oleh karena itu,dalam makalah ini penulis mendiskusikan tentang tahap-tahap pengajaran functional text dengan menggunakan iklan. Tentu saja, dengan menggunakan iklan dalam pengajaran reading, diharapkan siswa akan dapat lebih memahami functional text yang mengandung idiom khususnya iklan. Secara tidak langsung juga akan menambah penguasaan kosakata siswa.Key words: Idioms,functional text, advertisement

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...