Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 1 (2013): Serie E

TEACHING SPEAKING THROUGH “THE TRUE OR FALSE GAME” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Susi Ramadani (FBS UNP)
Saunir Saun (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

AbstrakPengajaran berbicara bertujuan untuk melatih siswa agar mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan benar. Namun kenyataan dilapangan masih banyak siswa mengalami kesulitan berbicara dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti: kurangnya kosakata yang dimiliki siswa, siswa takut salah dalam berbicara, dan siswa lebih cenderung menggunakan bahasa ibu. Oleh karena itu, makalah ini membahas salah satu teknik yang dapat digunakan dalam mengajar keterampilan berbicara melalui permainan True or False. Pada makalah ini penulis mengambil topik mendeskripsikan orang. Dalam permainan ini siswa disuruh menulis sebuah paragraf deskriptif pendek dan menulis tiga buah pernyataan tentang paragraf tersebut. Pernyataan tersebut terdiri dari dua buah pernyataan yang benar dan satu yang salah. Kemudian, mereka disuruh menandai pernyataan yang salah dengan tanda silang. Masing-masing siswa disuruh untuk menampilkan teks di depan kelas dan pernyataan secara bergiliran. Diakhir giliran tiap siswa, anggota kelompok yang lain ditanya pernyataan mana yang menurut mereka salah. Dengan demikian, True or False game diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam pengajaran berbicara teks descriptive bagi siswa di SMP.Key words: teaching speaking, true or false game, junior high school students

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...