Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie B

THE USE OF THE TELL ME WHAT YOU SEE TECHNIQUE IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Yoanda Febti Ardyan (FBS UNP)
Saunir Saun (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan tekhnik Tell Me What You See dalam pembelajaran menulis teks deskriptif. Kemampuan siswa SMP dalam memahami teks deskriptif masih sangat kurang disebabkan karena penggunaan tekhnik yang kurang menarik oleh guru dalam pengajaran. Dalam materi teks  deskriptif ini siswa dituntut untuk dapat mendeskripsikan objek, tokoh, dan tempat yang ada di lingkungan sekitar melalui tulisan. Untuk menstimulus siswa dalam menulis dipilih teknik pengajaran Tell Me What You See yang merupakan pengembangan dari teknik belajar visual internal. Teknik Tell Me What You See yaitu konsep pembelajaran dengan mengoptimalkan penglihatan terhadap objek yang dilihatnya dan mengeksplorasi imajinasinya, kemudian dituangkan oleh siswa melalui kata-kata lewat keterampilan berbicara sebelum dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Tekhnik ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif yang menuntut siswa berbicara mendeskripsikan suatu objek lalu menuliskannya. Melalui pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan teknik Tell Me What You See ini dapat dijadikan pilihan untuk guru dalam menciptakan pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif, kreatif, dan menyenangkan.   Key words: writing, the Tell Me What You See technique, descriptive text  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...