Journal of English Language Teaching
Vol 3, No 1 (2014): Serie D

THE USE OF VOKI WEBSITE IN TEACHING SPEAKING ON ORAL DESCRIPTIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Siska Yona (FBS UNP)
Leni Marlina (FBS UNP)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2014

Abstract

Abstrak Dalam makalah ini penulis membahas tentang penggunaan Voki website sebagai sebuah media untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mengatasi kurangnya rasa percaya diri dan ketakutan mereka dalam pembelajaran speaking. Ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan guru dan siswa dalam menggunakan Voki. Pertama, guru menyuruh siswa untuk membuat akun Voki sendiri-sendiri. Kedua, guru menyuruh siswa untuk membuat karakter Voki yang akan digunakan. Ketiga, guru menyuruh siswa untuk tersambung ke Voki guru di kelas. Keempat siswa disuruh untuk mendengarkan rekaman suara yang ada di Voki guru. Kelima, guru menyuruh siswa untuk membuat rekaman Voki mereka sendiri-sendiri. Keenam, siswa mengirim hasil rekaman suara mereka melalui akun sosial media yang mereka miliki seperti facebook. Setelah itu, siswa memberikan saran dan komentar terhadap hasil kerja siswa lainnya melalui Voki mereka. Selanjutnya, siswa melakukan perbaikan hasil kerja mereka dengan maksimal berdasarkan saran dan komentar temannya. Setelah itu, guru memilih secara acak Voki siswa yang akan dikomentari. Langkah yang terakhir, siswa memperbaiki hasil kerja mereka berdasarkan komentar guru dan mengirimkannya ke Voki guru yang ada di kelas sebagai homework mereka. Keunggulan dari Voki yaitu guru juga dapat melihat perkembangan kemampuan berbicara siswa melalui akun mereka. Dengan menggunakan Voki, siswa dapat berbicara dengan lancar tanpa harus ragu dan takut untuk berbicara di depan kelas dengan menggunakan karakter dari tokoh Voki yang dibuat siswa. Oleh karena itu, Voki sangat sesuai untuk diterapkan dalam pengajaran kemampuan speaking teks deskriptif berbahasa Inggris di SMP. Kata kunci: Voki website, speaking, facebook, homework dan teks deskriptif

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...