JURNAL ILMIAH AGRINECA
Vol. 19 No. 1 (2019): JURNAL ILMIAH AGRINECA

SALURAN PEMASARAN BAWANG PUTIH DI TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR

KHARISMA A.E.S (Unknown)
S. SUSWADI (Unknown)
S. SUTARNO (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bentuk rantai pemasaran bawang putih, mengetahui margin pemasaran di masing-masing rantai pemasaran bawang putih dan mengetahui efisiensi pemasaran dari masing-masing rantai pemasaran bawang putih di Gapoktan Ngudi Rejeki Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu. Hasil penelitian, terdapat dua macam saluran pemasaran bawang putih. Total biaya pemasaran saluran I sebesar Rp. 1.259,438/Kg, total keuntungan Rp. 13.740,532/Kg, total margin Rp.14.999,97/Kg, presentase margin pemasaran 26% dan farmer share 73%. Total biaya pemasaran saluran pemasaran II sebesar Rp. 128,571/Kg, total keuntungan Rp. 4.871,439/Kg, total margin Rp. 5.000,01/Kg, presentase margin peasaran 11% dan farmer share 87%. Saluran pemasaran I menunjukan nilai efisiensi pemasaran adalah 2,24 % yang artinya pemasaran pada saluran I tidak efisien karena > 1%, sedangkan Saluran II mempunyai nilai efisiensi 0,29 % yang artinya dikatakan layak karena < 1 %.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

AFP

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Materials Science & Nanotechnology

Description

The aims of the journal are to publish and disseminate high quality, original research papers and article review in plant science i.e.: agronomy horticulture plant breeding soil sciences plant protection agricultural technology agricultural agribusiness other pertinent field related to plant ...