Pada era globalisasi ini banyak sekali jenis teknologi informasi yang muncul salah satunya adalah e-government dinas pendidikan kota Surabaya yaitu rapor online. Tujuan dibuatnya rapor online ini salah satunya adalah agar wali murid dapat memantau nilai murid dengan mudah. Pada kenyataannya, masih banyak wali murid yang masih belum menggunakan raporku.net ini. Berdasarkan hasil observasi terhadap 111 orang di Surabaya, hanya 18% atau hanya sekitar 20 orang yang tahu dan pernah menggunakan layanan ini. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang analisis faktor apa saja yang mempengaruhi wali murid untuk menggunakan raporku.net. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah UTAUT (Uni?ed Theory of Acceptance and Use of Technology). SEM PLS dengan software SmartPLS digunakan untuk menganalisis. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara online dan offline dengan menggunakan teknik sampling proportional stratified random sampling dan menghasilkan 399 responden wali murid dari SD, SMP dan SMA/SMK. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel performance expectancy , effort expectancy, social influence, facilitating condition berpengaruh siginifikan (p value < 0,05) terhadap niat perilaku pengguna untuk menggunakan raporku.net. disisi lain terdapat dua faktor yang tidak berpengaruh signifikan (p value > 0,05) terhadap niat perilaku pengguna untuk menggunakan raporku.net yaitu personal innovativeness in IT dan resistance to change. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembuat kebijakan harus terus mengembangkan sistem yang sudah ada dengan memberikan penekanan pada kecukupan aspek teknis dan fasilitas pendukung agar wali murid dapat merasakan manfaat dan kemudahan saat menggunakan raporku.net. hal ini karena dukungan dari sekolah maupun dinas pendidikan dapat mempengaruhi niat perilaku wali murid untuk menggunakan raporku.net
Copyrights © 2020