DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 1, No 1 (2020)

PENERAPAN TEKNIK PARAFRASA DIARY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CAKEPAN TEMBANG MACAPAT PADA SISWA SMK

Arif Wahyu Wantoro (SMK Negeri 1 Jati, Blora)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan  keterampilan menulis Cakepan Tembang Mijil dengan penerapan teknik parafrasa diary pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kolaborator dan siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi, (2) wawancara, (3) kajian dokumen, (4) tes keterampilan menulis cakepan tembang mijil. Pengujian analisis dilakukan dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian adalah penerapan teknik parafrasa diary dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cakepan tembang mijil dengan pada siswa kelas XI Busana Butik 1  SMK Negeri 2 Blora, dan penerapan teknik parafrasa diary dapat meningkatkan keterampilan menulis cakepan tembang mijil pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja siswa dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis cakepan tembang mijil dengan semangat, menciptakan cakepan tembang mijil yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan siswa dalam menulis cakepan tembang mijil dari pratindakan 37,5 % ke siklus I 75%   meningkat 37,5% dan dari siklus I  75% ke siklus II  93,75% meningkat 18,75%. Kriteria Ketuntasan Minimal kelas XI yang terdapat di SMKN 2 Blora adalah 75.Kata Kunci: keterampilan menulis, cakepan tembang mijil,  teknik parafrasa diary

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...