Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang terdapat disekolah. Salah satu Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah gerak manipulatif lempar tangkap masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini yakni dapat menghasilkan produk berupa pengembangan model permainan target yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan sarana dan prasarana serta meningkatkan gerak manipulatif lempar tangkap dalam pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu Penelian dan Pengembangan. Langkah-langkah penelitian ini antara lain: 1) Analisi, menentukan potensi masalah yang ada disekolah, 2) Desain produk yang akan dikembangkan dan melakukan validasi kepada ahli permainan dan ahli penjas, 3) selanjutnya adalah Pengembangan produk dengan melakukan uji coba skala kecil divalidasi oleh Praktisi guru SDN Cikapek, 4) Implementasi, melakukan uji coba skala besar, 5) Penilaian. Kesimpulan dalam permainan target ini yaitu untuk ahli permainan skor yang didapat adalah. Dirata-ratakan untuk permainan target dari validasi ahli memperoleh rata-rata 75,92% dan termasuk kategori baik. Dalam uji coba skala kecil didapat rara-rata 78,36% termasuk kategori sangat baik sedangkan dalam uji coba pemakaian didapat rata-rata 75,96% maish kategori baik
Copyrights © 2020