Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam
Vol 11 No 2 (2018): Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam

Analisis Pengaruh Media Komunikasi Terhadap Intensi Masyarakat Dalam Berwakaf di Wakaf Al-Azhar, Jakarta

Naranda Amadea (Unknown)
M. Cholil Nafis (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah media komunikasi yang selama ini digunakan oleh Wakaf Al-Azhar untuk mempublikasikan mengenai produk wakafnya mempengaruhi intensi masyarakat dalam berwakaf di Wakaf Al-Azhar, dan variabel mana yang paling mempengaruhi intensi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner, dengan responden masyarakat Jakarta yang mengetahui Wakaf Al-Azhar. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode tabulasi silang sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komunikasi yang memberikan pengaruh terhadap intensi masyarakat dalam berwakaf di Wakaf Al-Azhar adalah media komunikasi word of mouth dengan nila Chi-Square 0,000; media komunikasi formal dengan nilai Chi-Aquare 0,000; dan media komunikasi melalui seluler dengan nilai Chi-Square 0,032.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

awqaf

Publisher

Subject

Religion

Description

About Journal Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam (e-ISSN: 2654-377X, p-ISSN: 2085-0824) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Divisi Kerja Sama, Penelitian, dan Pengembangan Badan Wakaf Indonesia. Jurnal terbit dua kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan daring. Jurnal edisi cetak ...