Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 28, No 1 (2018)

Pengembangan modul ajar cetak Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik bermuatan problem solving untuk meningkatkan efektivitas belajar pada siswa kelas x TITL SMK Negeri 2 Kota Probolinggo

Angga Eka Kurniawan (Universitas Negeri Malang)
Anik Nur Handayani (Universitas Negeri Malang)
Dwi Prihanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2019

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektivitasan bahan ajar berbentuk modul ajar menganalisis rangkaian listrik (MRL) bermuatan problem solving pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Model pengembangan modul ajar yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini adalah angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka didapatkan hasil persentase dari review ahli modul guru 96,6%, ahli 1 modul siswa 94,7%, ahli 2 modul siswa 98,1%, dan uji coba lapangan 89,5%, dengan interpretasi kelayakan “sangat valid” dari batas minimal presentase validitas 70,01%. Dari hasil implementasi semua siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga dari analisis data dapat disimpulkan bahwa modul ajar menganalisis rangkaian listrik (MRL) efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...