Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 29, No 1 (2019)

Pengembangan modul pembelajaran fuzzy pada mata kuliah Sistem Cerdas untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Dyah Rosita Anggraeni (Universitas Negeri Malang)
Hakkun Elmunsyah (Universitas Negeri Malang)
Anik Nur Handayani (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2019

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Fuzzy dan menguji kelayakan modul tersebut untuk dimanfaatkan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi.  Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diujicobakan pada mahasiswa yang sudah dan sedang menempuh mata kuliah Sistem Cerdas. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul fuzzy untuk pegangan dosen dan modul fuzzy untuk pegangan mahasiswa. Persentase kelayakan yang didapatkan dari validasi ahli materi untuk modul pegangan mahasiswa 91.00% dan modul pegangan dosen 93.00%, validasi ahli media 91.00%. Sedangkan untuk hasil uji coba didapatkan persentase hasil uji coba kelompok kecil 93.36% dan kelompok besar 89.47%. Berdasarkaan data hasil validasi dan uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Sistem Cerdas di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...