Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Fuzzy dan menguji kelayakan modul tersebut untuk dimanfaatkan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diujicobakan pada mahasiswa yang sudah dan sedang menempuh mata kuliah Sistem Cerdas. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul fuzzy untuk pegangan dosen dan modul fuzzy untuk pegangan mahasiswa. Persentase kelayakan yang didapatkan dari validasi ahli materi untuk modul pegangan mahasiswa 91.00% dan modul pegangan dosen 93.00%, validasi ahli media 91.00%. Sedangkan untuk hasil uji coba didapatkan persentase hasil uji coba kelompok kecil 93.36% dan kelompok besar 89.47%. Berdasarkaan data hasil validasi dan uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Sistem Cerdas di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang.
Copyrights © 2019