Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 29, No 2 (2019)

Penerapan heutagogi gamifikasi terhadap evaluasi pembelajaran geografi di sekolah menengah pertama

Ahmad Mursyidun Nidhom (Universitas Negeri Malang)
Setiadi Cahyono Putro (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Evaluasi pembelajaran dalam bentuk tes sering menimbulkan kecemasan pada diri siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar terutama pada pelajaran yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat seperti pelajaran Geografi. Untuk menciptakan suasana evaluasi belajar yang santai dan tidak membuat siswa merasa cemas, dapat dilakukan dengan memanfaatkan game edukasi sebagai alat evaluasi pembelajaran. Game didesain dan dibangun seatraktif mungkin untukĀ  siswa kelas IX SMP dengan aplikasi Java 3D dengan. Game edukasi yang user-friendly, mudah diaplikasikan dan atraktif membuat siswa tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang dievaluasi. Pemanfaatan game edukasi sebagai alternatif media evaluasi pembelajaran mampu mengurangi kecemasan siswa dan membuat hasil evaluasi belajarĀ  lebih mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. Dari Hasil Uji Coba Fleksibilitas dan user friendly dengan mekanisme black box mendapatkan nilai 87,3%, hal ini menandakan konsep gamifikasi berjalan secara maksimal.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...