JMK Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan
Vol 5 No 2 (2020): Mei

Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting

Fauziyah Fauziyah (Universitas Islam Kadiri)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi UMKM di wilayah Kediri dengan adanya Revolusi Industri 4.0. Permasalahan UMKM yang begitu kompleks akan berdampak pada perkembangan dan keberlanjutan usaha di era revolusi 4.0, sehingga mau tidak mau UMKM harus melek terhadap Teknologi Informasi yang akan merubah pola kerja dan pola pikir. Penelitian difokuskan pada aspek Marketing dan Accounting, dari hasil survey diketahui bahwa sebagian besar UMKM di Kediri belum bisa dan belum mampu membuat laporan keuangan dengan benar dan permasalahan marketing yang masih lemah dimiliki oleh UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti mengetahui secara langsung kondisi UMKM dengan cara observasi, pengamatan dan wawancara. Disamping itu peneliti menggunakan metode penerapan dengan membuat desain model sistem pemasaran e-commerce dan sistem laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di wilayah kediri belum seluruhnya siap dengan adanya perubahan di era revolusi 4.0. utamanya dari aspek marketing dan accounting

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ManajemenKewirausahaan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Aims JMK (Jurnal Manajemen & Kewirausahaan) covers in details a large variety of topics in management. The aim of the journal is disseminate knowledge derived from the results of empirical research on organizations, people, systems, and events in the field of management and entrepreneurship. The ...