Mengantri merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan seharihari. Mengantri juga terjadi di ruas jalan tol terutama pada waktu sibuk. Sistempengumpulan tol elektronik atau Electronic Toll Collection (ETC) merupakan sistemterbaru dari gerbang tol Banyumanik yang mulai beroperasi pada tahun 2014. SebelumETC, pengguna gerbang tol Banyumanik mendapat layanan reguler, yaitu membayarbiaya tol secara tunai. Keuntungan ETC lebih banyak daripada penggunaan gardureguler, namun pengguna ETC masih sedikit dibanding dengan pengguna gardu reguler.Untuk mengetahui efektifitas pelayanan gardu digunakan analisis sistem antrean. Datayang digunakan adalah data waktu kedatangan dan waktu pelayanan kendaraan.Berdasarkan hasil analisis model antrean gardu reguler arah Ungaran-Semarang, modelantrean gardu tol otomatis arah Ungaran-Semarang, model antrean untuk arahSemarang-Ungaran gardu regular, dan model antrean pada gardu otomatis adalah(G/G/3):(GD/∞/∞). Kata Kunci: Teori antrean, Simulasi antrean, Gardu tol reguler, Gardu tol otomatis.
Copyrights © 2017