Jurnal Komunikasi
Vol. 9 No. 2 (2015): Volume 9, Nomor 2, April 2015

Komunikasi Profetik dan Pesan Dakwah dalam Film “Habibie & Ainun”

M. Ghozali Moenawar (Prodi Ilmu Komunisai UIN sunan Gunung Jati Bandung)
Tata Septayuda (Prodi Ilmu Komunisai UIN sunan Gunung Jati Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa media film sebagai media komunikasi yang menyampaikan pesan kepada penontonnya dengan kelebihannya baik dari sisi seni maupun tekhnologinya sehingga sangat efektif dalam penyampaian pesannya. Film merupakan paket media paling lengkap, karena film adalah media audio visual. Pesan film hendaknya bisa menjadi media dakwah yang efektif jika dikelola dan dipergunakan secara profesional. Karena dakwah melalui media film memiliki relevansi sosiologis dengan masyarakat, mengingat peeinta film di Indonesia mayoritas beragama Islam.Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu analisis wacana pada teks film Habibie & Ainun dengan cara studi dokumentasi untuk mendapatkan data-data, yang kemudian diklasifikasikan untuk mendukung penelitian ini. Dan data-data yang telah diperoleh, penelitian dilanjutkan dengan melakukan intrepretasi untuk memperoleh tema dan skema yang terdapat dalam teks film Habibie & Ainun Kemudian dan tema dan skema yang telah diperoleh penelitian di fokuskan terhadap teks him yang menyampaikan pesan-pesan dakwah dalam film Habibie & Ainun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa film Habibie & Ainun mengusung tema utama membangun rumah tangga yang Harmonis (Sakinah, mawadah, Warahmah). Skema yang digunakan struktur film yang standar ber-genre drama romantis. Dan nilai dakwah yang disampaikan sesuai pesan dakwah keislaman.Kata kunci: film, komunikasi dakwah, komunikasi profetik

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-komunikasi

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Journal Komunikasi is a peer-review journal published by Department of Communication Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. We welcome all contributions on the following topics: media, journalism, strategic communication and all field related to communication studies. The article ...