Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 7, No. 3, Desember 2019

Rancang Bangun Game Android I Siap Selem Bergenre Puzzle Games

Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
A. A. Ketut Agung Cahyawan Wiranatha (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
I Made Agus Dwi Suarjaya (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Cerita rakyat merupakan cerita yang bersumber dari masyarakat serta tumbuh berkembang dalam masyarakat sejak masa lampau. Cerita rakyat di Bali merupakan cerita turun menurun yang memiliki nilai budaya dan pesan moral. Perkembangan teknologi yang cepat menyebabkan Cerita Rakyat Bali yang masih menggunakan media buku mulai ditinggalkan. Media baru dibuat pada penelitian ini untuk menceritakan kembali cerita rakyat dengan memanfaatkan teknologi game. Cerita Rakyat Bali yang diangkat yaitu I Siap Selem. Game I Siap Selem dikembangkan berbasis Android bergenre puzzle games. Hasil pengujian kepada 30 siswa yaitu 100% dari kelompok siswa mengetahui isi cerita dan pesan moral dari Cerita Rakyat Bali I Siap Selem setelah memainkan game, dimana sebelumnya 80% siswa tidak mengetahuinya. Game I Siap Selem dapat digunakan untuk melestarikan Cerita Rakyat Bali melalui game berdasarkan hasil pengujian.Kata Kunci: Android, Cerita Rakyat Bali, I Siap Selem, Puzzle Game

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...