Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 6, No. 3, Desember 2018

Aplikasi Augmented Reality Dinamis Pengenalan Huruf Kanji (AR-Kanji) Berbasis Android

Ida Bagus Nyoman Yoga Ligia Prapta (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
I Ketut Gede Darma Putra (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
I Made Agus Dwi Suarjaya (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Huruf Kanji bagi pembelajar bahasa Jepang dirasa paling sulit untuk dipelajari karena Kanji memiliki karakteristik yang unik. Setiap karakteristik Kanji memiliki jumlah lebih dari satu, sehingga sulit untuk dihapal. Aplikasi Augmented Reality Kanji dibuat untuk mengatasi kesulitan pembelajar bahasa Jepang dalam mengenal atau mempelajari huruf Kanji. Augmented Reality merupakan teknologi penggabungan objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini menggunakan software utama Unity 3D dan Web server Library Vuforia dengan Bahasa pemrograman C#. Aplikasi AR Kanji ini dibuat melalui beberapa tahapan proses yaitu memperoleh informasi kebutuhan sistem, perancangan dan dilanjutkan dengan tahapan implementasi. Hasil yang didapat yaitu image-target dari masing-masing huruf Kanji dan aplikasi AR Kanji berbasis Android. Pengujian aplikasi AR Kanji menunjukan, aplikasi dapat menampilkan setiap informasi beserta audio dari masing-masing huruf Kanji yang di-tracking dengan kondisi cahaya yang baik dan dapat digunakan sesuai fungsinya pada perangkat smartphone dengan spesifikasi yang berbeda. Tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi AR Kanji menunjukkan angka 85%. Kata Kunci: Augmented Reality, Huruf Kanji, Unity 3D, Android

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...