JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 1, No 3 (2013): JURNAL EMBA, HAL 230-338

SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN DEMOGRAFI TERHADAP PRODUK MOBIL NISSAN PADA PT. WAHANA WIRAWAN MANADO

Wahyudi, Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2013

Abstract

Persaingan untuk memasarkan produk perusahaan saat ini, sangat ketat, termasuk usaha penjualan mobil, seperti yang dilakukan PT. Wahana Wirawan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana analisis segmentasi pasar berdasarkan demografis efektif dalam proses pemilihan konsumen pada produk Mobil Nissan. Populasi penelitian berjumlah 808, responden 320 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Pihak perusahaan menggunakan penyalur khusus dengan kuantitas pembelian dalam skala besar. Pedagang besar sebagai perantara, meneruskan ke pengecer dan konsumen sasaran. Hal ini dilaksanakan khusus untuk wilayah Manado, Bolmong, Minahasa, Gorontalo, dan Bitung. Pemilihan produk mobil  didasarkan pada distribusi dari PT. Wahana, meliputi Mobil Nissan Grand livina , Nissan March, Nissan X trail. Dalam penelitian ini, segementasi dibagi kedalam 3 kategori, yaitu: Umur 20 tahun; Nissan March, Usia 30 tahun; Nissan Grand livina, Usia 45 tahun; Nissan X Trail. Kesimpulan penelitian ini yaitu segmentasi pasar berdasarkan demografis; umur memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemilihan mobil. Tingkat pendapatan memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemilihan mobil. Tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan dengan pemilihan mobil. Kata kunci:  segmentasi pasar, segmentasi demografis, nissan

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...