Perencanaan pengembangan uji kompetensi perawat Indonesia akan dikembangkan dengan metode OSCE. Pengembangan uji OSCE membutuhkan persiapan yang matang, terutama pengetahuan dan kompetensi dosen untuk melaksanakan uji OSCE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan dan kompetensi dosen dalam pengembangan uji OSCE di Prodi D3 Keperawatan STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Informan penelitian adalah 6 orang dosen Program Studi D3 keperawatan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan constant comparative method. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pengetahuan dosen tentang OSCE dan kompetensi berdasarkan pendidikan memenuhi persyaratan untuk pengembangan uji OSCE, namun masih membutuhkan pelatihan mengenai OSCE.
Copyrights © 2019