Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 1, No 2 (2017)

METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENDIDIK ANAK

Indra, Hasbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Tulisan ini ingin menemukan bagaimana metodologi pendidikan Islam dalam proses pendidikan anak didik. Anak didik adalah bukan seonggok daging semata, tetapi lebih dari itu ia makhluk Tuhan yang paripura. Hanya saja ketika manusia lahir dan berkembang remaja atau bahkan dewasa baru ia mengenal untuk apa ia hidup. Ia hidup menyandang tugas ke khalifahan yaitu mengelola alam lalu ia mengadari bahwa Ia hidup oleh Sang Pencipta, karena itu harus beribadah kepada-Nya sebagai salah satu rasa syukurnya. Hal-hal itu dapat diperoleh melalui bangku pendidikan.Pendidikan tentu saja melalui proses yang menggunakan metodologi. Metodologi pendidikan Islam tentu saja berbasis norma-norma islam yang memandang bahwa manusia itu diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya. Manusia dalam pandangan Tuhan sama yang membedakannya kerena ketaqwaannya apakah ia masih kecil berusia muda atau sudah dewasa. Di masa kecil ia belum baligh ia masih tidak berdosa, itulah taqwanya, masa remaja ia dapat meraih prediket taqwa melalui upaya yang dilakukannya demikian pula usia dewasanya lebih memiliki kesempapatan untuk meraih posisi taqwa tersebut. Intinya metodologi pendidikan Islam memandang anak didik, manusia yang mulia dan manusia yang memiliki sisi kemanusiaannya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...