Jurnal Manajemen Update
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen

PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI, SALURAN DISTRIBUSI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHEDAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO DI KOTA PONTIANAK

admin, Joko Prasetyo B11104033 (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, promosi, saluran distribusi dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen atau pengguna sepeda motor Honda Vario yang ada di kota Pontianak. Ukuran sampel penelitian ini adalah sebanyak 90 orang dan teknik perhitungan sampel menggunakan metode survei dimana teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan kriteria responden berusia 20 tahun sampai 50 tahun. Variabel-variabel yang diteliti yaitu, variabel independen berupa Produk, Merek, Harga, dan Promosi, Saluran Distribusi dan Kelompok Referensi, sedangkan variabel dependen berupa Keputusan Pembelian. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yang berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Validitas, Uji Reliabilitas , Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis yaitu Uji F dan Uji T. Hasil penelitian di uji Validitas dan uji Reliabilitas menunjukkan bahwa produk, Harga, promosi, saluran distribusi dan kelompok Referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil dari uji Analisis Regresi Linear Berganda dan uji Hipotesis yaitu uji t untuk variabel Harga menunjukkan bahwa variabel Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel Produk, Promosi, Saluran Distribusi, dan Kelompok Referensi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.   Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2016