Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas, kualitas, harga danlokasi terhadap keputusan memilih jasa pendidikan melalui kepercayaan sebagaivariabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif dankausalitas, yaitu untuk menjelaskan hubungan antara variabel. Populasi dalampenelitian ini adalah orang tua murid kelas 1, 2 dan 3 SDI Semesta KhatulistiwaPontianak yang berjumlah 72 orang. Metode pengambilan sampel pada penelitianini menggunakan purposive sampling, dengan metode pengumpulan data yangdigunakan yaitu kepustakaan, dokumentasi dan kuesioner. Data yang diperolehdianalisis menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitasserta uji asumsi klasik. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t dan analisisjalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas, kualitas,harga dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan memilih jasa pendidikan,dengan hasil analisis jalur yang menunjukkan bahwa pengaruh fasilitas keputusanmemilih jasa pendidikan secara langsung adalah sebesar 0,164, sedangkanpengaruh fasilitas terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan sebesar0,199. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh fasilitas terhadap keputusan memilihjasa pendidikan melalui kepercayaan lebih tinggi. Hal ini berarti bahwa variabelkepercayaan berperan signifikan sebagai variabel yang memediasi pengaruhfasilitas terhadap keputusan memilih jasa pendidikan. Sedangkan pengaruh tidaklangsung pada variabel kualitas, harga dan lokasi terhadap keputusan memilih jasapendidikan melalui kepercayaan memiliki nilai yang lebih kecil daripadapengaruh langsungnya, yaitu sebesar 0,199 < 0,291 untuk variabel kualitas, 0, 168< 0,179 untuk variabel harga, dan 0,160 < 0,183 untuk variabel lokasi. Hal iniberarti bahwa variabel kepercayaan tidak berperan signifikan sebagai variabelyang memediasi pengaruh kualitas, harga dan lokasi terhadap keputusan memilihjasa pendidikan.Kata Kunci : Fasilitas, Kualitas, Harga, Lokasi Kepercayaan, KeputusanPembelian, Jasa Pendidikan
Copyrights © 2015