Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Seorang pemasar sangat mengharapkan akan dapat mempertahankan pelanggannya dalam waktu yang lama, atau bahkan selamanya jika hal itu memungkinkan. Sebab apabila perusahaan memiliki seorang pelanggan yang loyal, maka hal itu dapat menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Pelanggan tersebut tidak hanya secara terus-menerus menggunakan produk/jasa perusahaan, tetapi dengan sendirinya pelanggan tersebut juga akan merekomendasikannya kepada orang lain sesuai dengan pengalaman yang ia rasakan. Tidak bisa dipungkiri, pelanggan yang loyal secara tidak langsung dapat membantu perusahaan dalam mempromosikan produk/jasa kepada orang-orang terdekatnya. Tentu saja hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan yang loyal karena merasa puas diharapkan dapat menjadi media promosi dan merekomendasikan kepada kerabat/orang yang mereka kenal. Adanya peningkatan jumlah pengunjung pastinya mempunyai faktor pendorong yang menyebabkan peningkatan hal tersebut seperti adanya pengaruhi nilai pelanggan yang menyebabkan loyalitas pelanggan. Hubungan nilai pelanggan dengan loyalitas pelanggan dipengaruhi pula dengan karakteristik produk dan juga pola pembeliannya. Jika pembelian merupakan satu kegiatan yang rutin (habit) dan berulang maka pelanggan akan loyal terhadap produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antar dua variabel atau lebih melalui dua sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis pengujian instrumen penelitian meliputi validitas dan reliabilitas dan teknik analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel emotional value (X1), social value (X2), dan Quality Performance Value (X4) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) yang ditandai dengan nilai signifikasi yang lebih kecil dari taraf signifikasi. Sedangkan variabel price of value (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) yang ditandai dengan nilai signifikasi yang lebih besar dari taraf signifikasi. Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Nilai Pelanggan
Copyrights © 2015