Jurnal Manajemen Update
Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen

ANALISIS EXPERIETIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG TOKO EMAS RATNA MUTIARA DI PONTIANAK

B31110143, SITI SUNARTY (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Toko Emas Ratna Mutiara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial terhadap dimensi experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate terhadap loyalitas pengunjung di Toko Emas Ratna Mutiara. Pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 30 pelanggan Toko Emas Ratna Mutiara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diperoleh F hitung sebesar 6,226 karena F hitung > F tabel (6,226 > 2,533), maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh signifikan antara sense, feel, think, act dan relate secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji t yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa variabel relate (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.  Variabel relate (X5), dijelaskan dengan nilai t hitung > t tabel (3.038 < 2,063) merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Disimpulkan bahwa dari 5 (lima) variabel yang digunakan dalam penelitian ini, hanya variabel relate (X5) saja yang berpengaruh signifikan. Variabel independen lainnya seperti sense, feel, think, dan act terbukti tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan variabel relate diantaranya dengan memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi konsumen sehingga konsumen dapat merasakan nilai relate tersebut dengan baik. Selain itu perusahaan harus dapat memberikan inovasi serta dapat menciptakan komunikasi yang baik.`   Kata Kunci      : Experiential Marketing  dan  Loyalitas Konsumen.

Copyrights © 2014