Semangat kerja telah mewarnai pendayagunaan aparatur negara dengan tuntutan untuk mewujudkan administrasi negara yang mampu mendukung kelancaran dan keterpaduan pelaksanaan tugas dart fungsi penyelenggaraan pemerintahan negara dan pembangunan, dengan mempraktekkan prinsip-prinsip good governance merupakan proses penyelenggaraan kekauasaan negara dalarn melaksanakan penyediaan public goods and services disebut governance (pemerintah atau kepemerintahan), sedangkan praktek terbaiknya disebut good govenance (kepemipinan yang baik). Agar good governance dapat menjadi kenyatan dan berjalan dengan baik, maka dibutuhkan komitmen dan keterlibatan semua pihak yaitu pemerintah dan masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diatas, peranan pimpinan menjadi sangat penting guna meningkatkan gairah kerja pegawai agar dapat bekerja sesuai dengan arah dan kebijakan instansi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegairahan kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang dalam melaksanakan pekerjaannya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dimana dalam penelitian ini menggambarkan obyek penelitian pada saat dilaksanakan kegiatan penelitian berdasarkan keadaan sebenarnya, dengan teknik Analisis Kualitatif yaitu hasil dari jawaban-jawaban responden disajikan dalam bentuk tabel dan dihitung persentasenya, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Data Obyek penelitian ini adalah pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang yang berjumlah 100 (Seratus) orang dengan menggunakan Metode survey yaitu mencatat semua elemen yang diteliti baik gejala, peristiwa maupun kejadian dari obyek yang akan diteliti. Dari hasil analisis diperoleh hasil sebesar 94,07% dan dikategorikan Sangat Baik, walaupun ada beberapa indikator yang mash belum maksimal didalam mempengaruhi kegairahan kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang diantaranya adalah masalah pendidikan dan pelatihan yang Sangat terbatas. Sedangkan indikator-indkator lainnya didalam pemberian dan penerapan kebutuhan keamanan dan kesehatan serta fasilitas kerja yang diberikan pimpinan kepada pegawai selama ini menunjukkan tingkat yang baik dan dapat diterima oleh pegawai. Diharapkan dengan terciptanya kegairahan kerja dapat meningkatkan penyelesaian tugas-tugas pegawai sebagai suatu asset sumberdaya manusia yang baik, berdaya guna dan berhasil guna. Kata Kunci : Kegairahan kerja
Copyrights © 2013