Jurnal Manajemen Update
Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Pelanggan Pasta Gigi Pepsodent di Kota Pontianak)

admin, DEWI NOVIANTI LUKITA B11112005 (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu corporate social responsibility dan nilai pelanggan, variabel intervening yaitu citra merek dan variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan pasta gigi Pepsodent yang berada di Kota Pontianak, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (X1) berpengaruh terhadap citra merek (Y1), nilai pelanggan (X2) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y2)  dan citra merek (Y1) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y2). Citra merek (Y1) berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh corporate social responsibility (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) namun tidak memediasi pengaruh nilai pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) Kata kunci : corporate social responsibility, nilai pelanggan, citra merek dan loyalitas pelanggan

Copyrights © 2017