Penelitian ini mengkaji strategi dan faktor peristiwa tutur dalam transaksi jual beli online di media sosial Blackberry Messanger. Penelitian ini dikaji berdasarkan kajian kebahasaan sosiolinguistik dan pragmatik atau disebut pula sosiopragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai faktor-faktor peristiwa tuturan dan memperoleh deskripsi strategi yang digunakan pada tuturan transaksi jual beli online di media komunikasi Blackberry Messanger. Strategi dalam tuturan transaski jual beli meliputi penawaran, penolakan, dan persetujuan. Sementara itu, faktor peristiwa tutur yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan komponen faktor peristiwa tutur SPEAKING. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kajian data pada penelitian ini menggunakan metode padan pragmatik karena cara analisis yang diterapkan dalam penelitian ini tidak terlepas dari konteks. Berdasarkan hasil analisis, Dari 7 (tujuh) data percakapan, ditemukan dua data percakapan yang menggunakan strategi penawaran dan persetujuan, sedangkan data percakapan yang banyak ditemukan menggunakan strategi penawaran, penolakan, dan persetujuan.
Copyrights © 2016