Teknologi Informasi saat ini mempeunyai peran yang sangat penting, tidak hanya menjadi sarana komunikasi tetapi mempunyai peran yang sangat penting dalam aktivitas ekonomi terutama dalam pemasaran dan networking. Teknologi mengubah paradigma pemasaran dari konvensional menjadi era digital atau di kenal dengan nama E-commerce. Pemasaran dengan media digital membantu bisnis kecil dengan anggaran yang terbatas mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, peluang ini belum sepenuhnya di manfaatkan oleh para pengusaha di kabupaten Pringsewu. Tingkat adopsi pengusahan terhadap internet cukup tinggi namun sebatas pada komunikasi. Terdapat keengganan pengusaha untuk memanfaatkan internet sebagai media pemasaran produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melakukan pemetaan sejauh mana penetrasi UMKM terhadap pemanfaatan internet serta faktor-faktor apa yang menghambat pemanfaatan internet secara maksimal dalam membantu usaha mereka. Penelitian ini juga merekomendasikan manajemen aplikasi yang tepat dan mampu dimanfaatkan baik oleh pemerintah daerah dan UMKM. Penelitian ini memakai pendekatan survey dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menyaring hasil wawancara dalam bentuk tabel dan pola. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa adopsi internet pada UMKM cukup tinggi, namun sebatas pada keperluan komunikasi. Mereka belum mempunyai ketrampilan dalam pengelolaan media digital yang diperlukan, serta ketakutan terhadap biaya pemeliharaannya. Oleh karena itu, diperlukan peran serta pemerintah tidak hanya dalam hal memberi pelatihan namun juga membuat sebuah aplikasi online yang mampu menampung produk dan memasarkan produk UMKM. Diharapkan aplikasi bentukan pemerintah ini mampu meningkatkan omset penjualan UMKM
Copyrights © 2018