Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis Islami yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Sampel sejumlah 10 siswa dipilih secara purposive sampling. Model bimbingan kelompok berbasis Islami yang dikembangkan merupakan proses pemberian bantuan oleh konselor kepada individu melalui suasana kelompok dengan berlandaskan pada nilai-nilai islam dalam Al-quran dan hadist, yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dengan memanfaatkan pikiran dan pengalaman anggota kelompokĀ Hasil secara umum dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik simulasi efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa, karena ditemukan bahwa uji t = 18.471 lebih besar dari t tabel 5% = 2,262, maka dapat dikatakan bahwa t hitungĀ lebih besar dari t table.
Copyrights © 2013