ADVANCE
Vol 7, No 1 (2020): July

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE

Adi Tiya Kurniawan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta)
Tri Widianto (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Food and Beverage yang terdataftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018.  Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 Perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sehinggadiperoleh sampel berjumlah 13 Perusahaan.Analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Uji hipotesis dan Analisis Regresi Linier Berganda.Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa variabel Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal perusahaan, variabel Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal perusahaan, variabel Struktur Aktiva berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal dan Pertumbuhan Penjualanberpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal perusahaan. Hasil Ujimenunjukkan variabel Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan mampu menjelaskan sebesar 55,4% terhadap variabel Struktur Modal perusahaan sedangkan sisanya 44,6% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Kata kunci:Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Modal

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

advance

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Terbitan Berkala Ilmiah (ADVANCE) Program Studi S1 Akuntansi diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat ...