Penelitian ini adalah penelitian tentang kecenderungan minat masyarakat dalam memilih mushaf Al-Qur’an Standar di Indonesia di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih Mushaf Al-Qur’an dan jenis tulisan Al-Qur’an yang diminati. Variabel yang menjadi alat ukur dalam penelitian ini terdiri atas; kualitas tulisan, kualitas produk, penerbit (merk), kemasan/fitur, harga, ketersediaan, acuan, konten, dan promosi serta mencari model jenis tulisan yang paling diminati oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel yang sebanyak 753 dari 6 Provinsi di Pulau Jawa. Lokasi penyebaran angket ini berbasis pada IPM (indeks pembangunan manusia) yang telah ditetapkan BPS (Badan Pusat Statistik). Sampel akan diambil dari wilayah yang memiliki IPM tinggi, sedang dan rendah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih Mushaf Al-Qur’an secara berurutan dari rangking tertinggi sampai terendah adalah; kemasan/fitur, kualitas produk, penerbit, kualitas tulisan, ketersediaan, konten, harga, acuan dan promosi. (2) Adapun jenis tulisan Mushaf Al-Qur’an yang paling diminati masyarakat adalah mushaf B (mushaf Standar model penyesuaian). Keyword: Kecenderungan, Mushaf Al-Qur’an Standar dan Masyarakat
Copyrights © 2016