Jurnal Siasat Bisnis
Vol. 1 No. 9 (2004)

Solusi Masalah Agensi Perusahaan Publik di Indonesia: Pendekatan Game-Modeling dan Pendekatan Positif Empiris

Zaenal Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2009

Abstract

Struktur kepemilikan perusahaan publik di Indonesia adalah terkonsentrasi dan pemilik utamanya adalah keluarga. Di sini, masalah agensi yang muncul adalah antara pemilik non-keluarga dengan pemilik keluarga bersama manajemen. Karena pola hubungan keagenan antara keduanya bersifat berulang-berurutan maka strategi yang efektif untuk mengatasi masalah agensinya adalah strategi ‘tit for tat’Strategi ‘tit for tat’ ternyata dominan di Bursa Efek Jakarta pada tahun 1996 maupun pada tahun 2000. Dominasi strategi ini lebih menonjol pada perusahaan yang porsi kepemilikan keluarganya tinggi, namun menjadi tidak dominan ketika kepemilikan keluarga relatif kecil. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa strategi ‘tit for tat’ hanya efektif untuk mengurangi masalah agensi ketika berbentuk reward dan tidak efektif ketika berbentuk punishment.Kata Kunci: Strategi ‘tit for tat’, masalah agensi, dominasi kepemilikan keluarga

Copyrights © 2004






Journal Info

Abbrev

JSB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is a peer review journal published twice a year (January and July) by Management Development Centre (MDC)-Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia. JSB) addresses the broad area of management science and its applications in industry and ...