MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem)
Volume 5 Nomor 1

Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Sepeda Motor Jenis Honda (Studi Kasus : Showroom Honda Arista Pematangsiantar)

Sinaga, Lestari (Unknown)
Ahmad, Abdullah (Unknown)
Safii, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Showroom Honda Arista merupakan salah satu showroom atau Dealer yang menyediakan jual beli kendaraan sepeda motor Honda dengan berbagai type dan harga. Data mining ialah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Salah satu metode yang data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Apriori. Metode Apriori merupakan salah satu teknik data mining yang berfungsi untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. Barang yang dianalisis yaitu barang yang dipesan bersamaan dengan barang lainnya atau dengan kata lain pemesanan lebih dari satu barang namun tetap melibatkan data pemesanan keseluruhan. Adapun item-item yang masuk kedalam data penjualan ialah Revo, Supra, Beat, Vario, Sonic, PCX, CB, Scoopy, Megapro, Verza, CBR. Hasil dari association yang berupa informasi mengenai Honda merk apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan Strategi Pemasaran dan pada data transaksi. Kata kunci: Showroom Honda, Data Mining, Apriori

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Means

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal MEANS berdiri sejak Tahun 2016 dengan SK dari LIPI yaitu p-ISSN : 2548-6985 (Print) dan e-ISSN : 2599-3089 (Online) Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Bulan Juni dan Periode II Bulan Desember Hasil Plagirisme Maksimal 25%, Lebih dari 25% Artikel Tidak Bisa Publish. Ruang lingkup ...