Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kupang setelah pengajaran membacanya didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kupang .Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Subjek penelitian adalah kemampuan membaca siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kupang yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai di bawah standart (<70) dan secara klasikal berhasil mencapai angka 74,26 atau mencapai kategori nilai baik. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,24 % menjadi 80,38 atau mencapai kategori nilai sangat baik pada pelaksanaan penelitian siklus II karena pada penelitian siklus II siswa cenderung aktif tanya-jawab, berkomentar kritis, memperhatikan dengan sungguh-sungguh, dan antusias dalam menceritakan kegemarannya. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan positif antara penelitian siklus I dan siklus
Copyrights © 2020